Saturday 22 February 2014

Pertobatan



Pertobatan

Pertobatan adalah sebuah sikap berbalik, baik dalam hati ataupun tindakan kita dari dosa kepada Allah. Pertanyaannya adalah,”apakah yang harus diperbuat dalam pertobatan?
1.       Kesadaran akan dosa
a)    Allah memeringatkan agar kita bertobat dari dosa-dosa kita (Kis 17:30)
b)   Mengakui bahwa kita telah jatuh dalam dosa dan telah menyakiti hati Allah (Roma 3:23)
Ini berarti kita harus mengakui dan sadar bahwa kita termasuk salah satu dari orang yang sudah berdosa kepada Allah

2.       Tindakan pertobatan
Hal-hal yang perlu dalam pertobatan:
a)      Pengertian
1)      Mengerti atau mengenal dosa diri sendiri (Luk 18:13; Maz 51:5)
2)      Mengaku bersalah, tercela, tak berdaya (Maz 51:3,7,11). Pengakuan rasa bersalah ini bukan karena sekedar takut dihukum, tetapi harus sungguh-sungguh menyesali diri atas perbuatan dosa yang dilakukan. Contoh:seperti maling yang menyesal karena tertangkap, tetapi tidak menyesal atas perbuatannya yang salah.
b)      Perasaan
Adanya perasaan yang sedih karena dosa-dosa, sebab perkara-perkara ini dibenci Allah. Rasa sedih kita timbul bukan saja karena malu, tetapi karena menyesal atas perbuatan dosa (Maz 51:3)
c)       Kemauan
Ini berarti dengan kemauan sendiri mau menganbil keputusan untuk berhenti dan berbalik dari dosa yang membawa kepada kemalangan baik bagi Allah maupun bagi kita yang berbuat dosa. Dan kemudian berpaling serta berbalik kepada Yesus Kristus yang akan membawa damai sejahterah Allah.
Ini juga berarti meninggalkan cara-cara lama untuk menyelamatkan diri dari dosa melalui usaha sendiri, lalu meu datang dan percaya kepada Allah melalui Yesus Kristus, bahwa di dalan dan melalui Yesus, Allah mampu menyelamatkan  manusia dari dosanya.

No comments:

Post a Comment

teologia sukses

   TEOLOGIA SUKSES Pendahuluan                   Setelah era perang dunia ke-dua seluruh tatanan dalam kehidupan ...