Saturday 22 February 2014

Perjamuan Tuhan



Perjamuan Tuhan

1.      Namanya adalah perjamuan Tuhan (1 Kor 11:20)
Istilah dalam atau sebutan “Perjamuan Kudus” tidak ada dalam Alkitab, tapi yang ada adalah “Perjamuan Tuhan”

2.      Makna Perjamuan Tuhan:
              i.      Peringatan
Makna dalam perjamuan Tuhan telah diungkapkan dalam kata-kata “perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku” ( 1 Kor 11:24,25) adalah alasan kita melakukan Perjamuan Tuhan. Alkitab tidak berkata apapun tentang pemberian pengampunan dosa melalui peringatan tersebut. Tidak ada hal magis , atau supra natural dalam peringatan Perjamuan Tuhan.
            ii.      Untuk memberitakan kematian Kristus
Perjamuan Tuhan bukan hanya memperingati kepribadian Kristus, tetapi juga memperingati kematian Kristus bagi dosa-dosa kita. “sebab setiap kali kamu makan roti dan minum dari cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang” (1 Kor 11:26) Perjamuan Tuhan membuktikan bahwa kematian-Nya merupakan pusat peringatan itu.
          iii.      Untuk tetap mengingatkan pengharapan kedatangan Kristus.
Fakta ini kelihatan dalam kata-kata “sampai Ia datang”. Orang percaya dalam Dispensasi saat ini ketika minum dari cawan ini kita sedang mengharapkan-Nya sampai Ia datang.
          iv.      Suatu persekutuan
1 Korintus 10 :16-17, perjamuan Tuhan adalah suatu persekutuan, suatu pengambilan bagian bersama. Maka Perjamuan Tuhan merupakan sarana bagi anak-anak Tuhan untuk melakukan persekutuan dalam kasih Tuhan.

3.      Siapa yang bisa mengikuti Perjamuan Tuhan:
                    i.             Syarat utama dalam mengikuti Perjamuan Tuhan adalah sudah mengalami kelahiran kembali. Perhatikan (1 Kor 10:16-17; 1 Kor 12: 13)
                  ii.             Tidak boleh ada perpecahan (1 Kor 11:18)
                iii.             Tidak boleh merendahkan Tubuh Kristus, karena dengan merendahkan Tubuh Kristus maka merendahkan Kristus (1 Kor 11:29)
                iv.             Tidak sedang dalam ikatan dosa, dalam hal ini tidak berarti kita sama sekali tidak berdosa, tetapi dosa yang di ungkapkan dalam 1 Kor 11 :17-22
                  v.             Harus mengakui bahwa roti dan anggur adalah lambang dari tubuh dan darah Kristus
4.      Berapa kali setahun melakukan Perjamuan Tuhan:
1 Korintus 11 :25-26, perkataan “setiap kali” menunjukan tidak ada batasan melainkan semakin kita sering membuatnya semakin baik untuk pertumbuhan iman kita.

No comments:

Post a Comment

teologia sukses

   TEOLOGIA SUKSES Pendahuluan                   Setelah era perang dunia ke-dua seluruh tatanan dalam kehidupan ...